Langsung ke konten utama

Bawang Merah Murah, Kenapa Demo Bupati?

Sebelum ini saya pernah ceritakan keluh kesah seseorang di sini, bahwa bawang merah sekarang sedang murah.  Dan ternyata benar adanya. Setelah tahun lalu banyak petani bawang merah cengar-cengir bisa beli motor bagus-bagus, kini mereka ketemu lagi dengan harga murah. Dan rupanya setelah menikmati harga bawang yang mahal dalam waktu lumayan lama, ketika kini ketemu lagi dengan harga murah seakan-akan apa yang kini terjadi bukan sesuatu yang biasa terjadi di pasar.


Saya kira itu pemicu demo petani bawang merah siang tadi di depan kantor bupati yang biikin heboh itu. Sepertinya para demonstran itu menganggap naik-turunnya harga bawang merah bukan hal biasa. Atau ada tuduhan anjloknya harga bawang karena kebijakan salah bupati dan dituntut bupati membenahi kesalahannya. Harga murah tidak boleh terjadi, bawang harus selalu mahal, konsumen bawang merah pusing salah sendiri kenapa tidak jadi petani bawang.

Demonstrasi di Jaman Now memang bukan barang aneh. Setiap hari di negeri ini ada saja demonstrasi, ada yang tuntutannya masuk akal dan ada pula yang membingungkan plus cuma bikin resah. Dulu ketika pemerintah import bawang merah dari luar negeri, ada demonstrasi dengan tuntutan import bawang merah dihapus, ini bisa dinalar. Sekarang bisa jadi import mawang merah masih berlangsung, tapi apakah benar jatuhnya harga bawang di Brebes karena adanya bawang dari luar negeri?

Di negeri ini kadang naik-turunya harga komoditas perdagangan sulit dipahami. Bawang merah sekarang jatuh harganya, saya yakin kalaupun ada penjelasan belum tentu bisa memuaskan. Petani ingin harga mahal, jelas wajar, tapi banyak orang juga mau harga yang murah. Jadi mungkin perlu ada haga ideal, lalu berapa harga idealnya? Di mana harus bersepakat?  Ayolah, atasi segala ketidakadilan yang merajalela di muka bumi ini dengan pikiran yang jernih.

vidio: Indonesia Watch


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.