Langsung ke konten utama

Mirong Pirik

Bahasa nasionalnya mungkin peyek, orang-orang Brebes dan sekitarnya menyebut dengan istilah Mirong. Di sekitaran Brebes dan Tegal ada juga istilah rempeyek, dan tentu saja semua itu jenis makanan yang tidak jauh berbeda. Rempeyek isiannya kacang (kacang tanah atau kacang hijau) sedangkan mirong isiannya ikan atau udang. Adapun peyek lazimnya untuk menyebut semua itu, tentu dengan tambahan di belakangnya: peyek udang, peyek kacang dan peyek teri.
 
Di Brebes saya kira ada salah satu jenis Mirong yang khas dan sulit ditemui di banyak tempat, yaitu Mirong Pirik. Mirong pirik adalah mirong dengan isian Ikan Pirik. Saya lama di Jakarta, jangankan mirong pirik, ikan pirik saja tidak ada. Ikan pirik ini mungkin ikan tetek yang masih kecil, biasanya di pasar dijual dalam kondisi kering yang sudah diasinkan.

Di warteg yang banyak bertebaran di Jakarta mirong tentu saja ada, biasanya yang isian udang, untuk yang jenis ini bahkan di Rumah Makan Padang pun ada. Selain mirong udang yang mudah ditemui ada juga mirong ikan teri dan mirong rebon, tapi mirong pirik adalah jenis yang paling mudah ditemui di warung penjual laukpauk di desa-desa di wilayah Brebes.

Mirong pirik biasanya teksturnya kurang menarik, mungki karena konsumennya orang pedesaan.  Warnanya terlalu gelap, adonan tepungnya tebal dan terkesan asal bikin dengan hanya ada satu ikan dalam satu mirong. Mungkin ini mewakili karakter masyarakat Brebes yang dalam banyak hal terkesan gampangan.


Mirong pirik o mirong pirik, enyong seneng.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.