Langsung ke konten utama

PAHLAWAN NASIONAL DARI BREBES

Kembali Hari Pahlawan diperingati, suasananya adem-adem saja namun ada satu pertanyaan menggelitik: adakah seorang pahlawan nasional dari Brebes? Ada beberapa makam  pahlawan di Brebes, salah satunya yang pernah saya datangi saat ikut renungan malam waktu jaman sekolah ialah di Jatibarang (di desa Janegara), tapi nama pahlawannya sepertinya tidak ada. Karena kini penasaran saya coba cari informasi dan saya dapati nama Kiai Haji Syatori.



Apakah KH Syatori telah ditetapkan menjadi Pahlwan Nasional sepertinya belum. Informasi yang saya dapat dari sumber terbatas ternyata baru diusulkan. Memang tidak mudah seseorang diakui sebagai pahlawan oleh negara, bahkan tokoh sekelas Mr. SyafrudinPrawiranegara yang nyata-nyata besar jasanya pada negara baru ditetapkan jadi pahlawan belum lama ini.  Lalu siapakah KH. Syatori ini?

Beliau tokoh Masyumi yang terpilih menjadi bupati Brebes  pada November tahun 1945. Konon karena menolak bekerjasama dengan NICA  pada Agresi Militer I maka beliau dibunuh oleh Belanda pada tanggal 26 Juli 1947. Jenazah beliau kala itu ditemukan di daerah Songgom dan makamnya kini ada di daerah Talang, Kabupaten Tegal.


Entah berapa banyak orang Brebes yang mengenal namanya, Yang pasti namanya kini telah diabadikan jadi nama salah satu jalan di dekat Alun-alun kota.  Semoga ada banyak informasi yang bisa diketahui (oleh warga Brebes khususnya) tentang tokoh-tokoh pejuang dari Kota Bawang tercinta. Sekelas apapun ketokohannya, pasti bisa jadi kebanggaan bersama. 

Selamat Hari Pahlawan.

Komentar

  1. Saya suka tulisan mas Afif. Jika berkenan, bolehkah tulisan mas Afif dikirim ke www.layarjawa.com untuk dipublikasikan ke khalayak umum? Jika boleh, kirimkan saja ke redaksi layarjawa melalui layarjawa@gmail.com

    Sertakan gambar terkait tulisan

    BalasHapus
  2. Kalau sudah dajadikan nama jalan semoga informasi tentang beliau akan bisa didapat lebih banyak lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.