Langsung ke konten utama

BENCANA TIDAK CUMA DI SANA


Baru saja terjadi sore hari ini (29/9/2018), pekarangan yang bersebelahan dengan area pemakaman di Desa Petunjungan Kecamatan Bulakamba terbakar. Tidak jelas apa dan siapa penyebabnya, namun bisa  diapastikan karena sikap abai pada bencana. Pekarangan yang banyak rumpun bambu di dalamnya di sana berserakan daun-daun kering yang mudah terbakar, puntung rokok pun bisa menyelakannya, apalagi kalau ada yang sengaja membakar.


Ada yang bilang untung angin sudah tidak bertiup kencang seperti hari-hari yang lalu. Walau begitu api yang terus menjalar dan suara bambu pecah karena terbakar tetap saja mengundang rasa cemas. Tak ada aparat desa selama terjadi kebakaran, hanya satu dua warga yang rumahnya takut terbakar berusaha memotong pergerakan api yang terus meluas. Hingga menjelang maghrib api masih terus menjalar walau tidak mengancam rumah terdekat, tapi tetap disayangkan dengan tidak hadirnya aparat desa. Walau bukan bencana besar, peristiwa ini bisa jadi sarana pengingat bagi penduduk, dan aparat bisa memanfaatkannya untuk mengajak warga  tanggap pada bencana sekecil apapun.


Gempa di Nusa Tenggara Barat yang baru lepas dari ingatan dan tiba-tiba hadir lagi gempa besar yang disertai Tsunami di Donggala dan Palu, siapa menyagka akan terjadi? Di Brebes memang jarang ada bencana besar, tapi bencana kecil pun perlu diwaspadai dan warga harus tetap dibekali kewaspadaan. Di Brebes dalam dua tahun terakhir terjadi bencana banjir, pastinya warga yang terkena banjir tidak pernah menyangka bencana itu terjadi. Bencana-bencana kecil seperti kebakaran rumah, dengan kian padatnya perkampungan bisa saja terjadi kapan saja, maka penting  melakukan penyadaran pada warga.
.
Sampah tidak punya penampungan yang jelas sehingga sungai-sungai penuh tumpukan sampah, ini juga sumber bencana. Kapan waktunya jika ini tidak ditangani akan makan korban. Dan Kali Pemali bukan tidak mungkin di musim hujan nanti akan meluap lagi. Gunung Selamet beberapa waktu lalu sudah pemanasan, kapan waktunya pasti meledak dan sampai ke sini. Tanggap bencana tidak bisa ditunda-tunda, agar bencana yang tidak diinginkan itu tiba warga tidak pontang-panting cari selamat sendiri-sendiri.


Komentar

  1. YUK !!!!! buruan gabung dan menang kan total hadiah ratusan juta rupiah setiap hari nya hanya di s1288poker agent poker terpecaya .... cuma di sini tempat nya kamu bisa menunjukan kehebatan kamu dalam bermain poker yukkkk daftar kan diri anda sekarang juga
    terdapat 7 game dalam 1 user id anda loh.... (PIN BBM: 7AC8D76B)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.