Langsung ke konten utama

BREBES MASIH KEMARAU

Sejenak tadi saya keluar rumah melihat warna langit di atas genteng,  rada hitam tidak terang, tapi banyak bintang bertebaran.  Besok malam baru mau tanggal 1 Muharom jadi bulan sedang asyik-asyiknya tidur, bukan begitu? Yang jelas langit tampak bersih dari awan-gemawan. Padahal beberapa hari terakhir tiap pagi dan sore langit Brebes dinaungi mendung pekat, bahkan dua malam yang lalu (17/9/2017) sempat turun hujan lumayan besar walau sebentar. Rupanya kemarau di Brebes masih akan berlanjut.


Membaca berita tentang hujan yang sudah terus turun di beberapa tempat, seperti di Jambi dan Jakarta sempat terpikir kemarau tinggal menghitung hari, ternyata hujan cuma mampir. Semoga besok mampir lagi dan agak lama, karena tanah sudah nela amba dan sungai sudah penuh tumpukan sampah. Balongan atau tempat penampung air yang ada  di beberapa wilayah  pun sudah tinggal lumpur, pertanda  kekeringan sudah pada fase siaga. Walau secara hitung-hitungan di bulan September  baru akan memasuki musim hujan dan biasanya pada akhir Oktober intensitas hujan baru bisa dirasakan.

Entah kapan terakhir turun hujan di Brebes, rasanya sudah lama sekali. Beberapa hari setelah lebaran sempat turun hujan lebat dan sepertinya semenjak itu hujan menjauh.  Situasi semacam ini bagi warga yang tinggal di kota mungkin tidak begitu terasa, tapi untuk warga yang mengandalkan sawah sebagai medan hidup, keadaan tanpa air benar-benar bikin resah. Terlebih petani bawang, mereka begitu bergantung pada air.


Tentu saja bukan cuma Brebes yang kemarau, bukan Brebes saja yang butuh air, masih banyak daerah yang tak jauh  dari Brebes yang mengalami kekeringan lebih parah. Semoga semua ini  tetap jadi pertanda baik, karena bagi orang beriman apapun keadaan adalah yang terbaik dari Tuhan.  Orang-orang Brebes yang beriman pasti sabar dengan cobaan apapun dari Allah SWT. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.