Langsung ke konten utama

LUPA PASANG BENDERA SETENGAH TIANG?

Himbauan pasang bendera setengah tiang pada siang tadi (30/9/2017) ternyata tak direspon antusias oleh warga Brebes. Ukurannya adalah desa tempat saya tinggal: Petunjungan kecamatan Bulakamba dan beberapa desa terdekat. Di jalan raya hanya satu dua rumah yang pasang bendera merah putih (masuk gang tak ada sama sekali), itu pun tidak setengah tiang. Mungkin karena sudah lama tak melakukannya atau sosialisasinya yang kurang?


Jangankan sekedar memasang bendera, Upacara Bendera yang jaman Orde Baru wajib setiap hari Senin di sekolah-sekolah sekarang banyak yang mengabaikannya. Tak cuma di Brebes hal semacam ini berlangsung, di mana-mana sudah lazim. Di era Reformasi pamor negara memang anjlok, hingga anarkhisme gampang ditemui di mana-mana. Seperti pada bulan Agustus lalu, himbauan memasang bendera sejak tanggal satu warga baru ramai-ramai memasang menjelang tanggal tujuhbelas.

Penasaran dengan keadaan ini, saya sengaja keliling mencari penampakan bendera setengah tiang. Setelah di perjalanan melihat beberapa bendera di ujung tiang akhirnya ketemu juga di perbatasan Banjaratma – Siwuluh. Ada  dua bendera setengah tiang di depan dua rumah bersebelahan. Karena di rumah warga sulit ditemui saya menuju ke Puskesmas Siwuluh, ternyata Puskesmas yang bersebelahan dengan balaidesa itu pasang bendera setengah tiang demikian pula di halaman balaidesanya.

Pasang bendera bisa jadi tidak wajib, tapi mestinya penegasan dengan ditambah alasan-alasan perlu dilakukan demi tertib bernegara dan bermasyarakat. Bagi orang awam memasang bendera mungkin persolaan sepele, tapi masyarakat beradab yang terbiasa bermain pesan dengan simbol-simbol tidak semestinya meremehkan hal semacam ini.


Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.