Langsung ke konten utama

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang. Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran, yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang, tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.


Entah mengapa tempat rekreasi ini pakai nama Agrowisata, kalau melihat apa yang ada di lapangan sepertinya tidak tepat, tapi pasti ada alasannya. Di Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang ini ada jalur kereta melingkar mengelilingi rumah besar yang ada di tengah-tengah kawasan yang lumayan luas itu. Rangkaian keretanya bagi anak-anak muda sekarang mungkin tak beda dengan naik kemidi puter atau odong-odong, tapi bagi orang tua mereka pasti akan mengurai kenangan-kenangan masa lalu: ketika pabrik gula masih aktif, ketika masih banyak kebun tebu, ketika rel kereta masih mudah ditemui dan iring-iringan kereta mengangkut tebu melaju perlahan siang ataupun malam.


Selain berkeliling naik kereta yang tak lama, di Agrowisata Besaran Hijau ini ada Water Park, ada flying fox, kolam terapi ikan, rumah baca, tempat kuliner dan taman hijau untuk sekedar duduk-duduk menikmati suasana. Tentu saja untuk menikmati beberapa wahana itu harus membayar, namun melihat antusiasnya para pengunjung harga yang ada tentu saja murah. Ada pula panggung untuk pentas musik. Cuma sayang, rumah besar yang justru jadi pusat kawasan ini tidak dikelola, setelah tidak digunakan lagi sejak tahun 2010 rumah peninggalan Belanda itu terkesan terbengkalai dan seakan sedang menunggu dihancurkan. Mestinya bisa dijadikan semacam museum yang di dalamnya dipajang foto-foto dan ornamen sejarah pabrik gula Jatibarang.


Di bawah ini foto-foto Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang, silahkan berkunjung dan selamat menikmati.


Komentar

  1. wahhh
    Kalau perginya sama anak-anak asik juga nih kayaknya ke sini yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, tempat ini memang lebih tepatnya disebut taman bermain untuk anak-anak

      Hapus
  2. Kagum aku lihat bangunan kolonialnya, mas. Keren bentuknya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.