Langsung ke konten utama

HKN Ke-53: Germas Bikin Gemas

GERMAS: Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang launching 6 Juli 2017 di Brebes dan sudah berjalan satu tahun secara nasional, dirasa-rasanya apa yang dicanangkan oleh pemerintah ini sekedar main-main. Bagaimana tidak, dari lima program yang ada: Melakukan aktifitas fisik  setiap hari, Makan sayur dan buah, Cek kesehatan rutin, Tidak merokok dan Menggunakan jamban sehat dengan melihat realitas warga—khususnya di pedesaan Brebes—dan bagaimana tindakan pemerintah dalam menyikapinya, seperti olok-olok saja?
 
Aktifitas fisik di sini maksudnya tentu saja olahraga, bagi warga kampung yang kerjanya lebih mengandalkan fisik himbauan agar olahraga 30 menit sehari pasti jadi tertawaan, rasanya mereka tak butuh itu walaupun macul bukan termasuk cabang olahraga. Makan buah makan sayur, orang Brebes pada umumnya tak alergi pada dua jenis makanan ini. Cek kesehatan rutin, apakah perlu jika badan terasa baik-baik saja? Dan larangan merokok, kenapa tidak pabriknya saja ditutup. Lalu yang terakhir soal jamban, apakah ada program dari Pemda untuk pembangunan toilet umum agar warga yang biasa buang hajat di kali atau pekarangan pindah ke wece?

Lima hal itu rasanya berlebihan dengan menggerak-gerakan masyarakat, masyarakat kita sudah melek informasi, mereka setiap hari nongkrong di depan televisi. Mereka akan melakukan atau tidak melakukan semua itu kalau dianggap perlu pasti dilakukan. Yang perlu digerkkan di masyarakat demi kesehatan justru menjaga kebersihan lingkungan, karena orang kita sangat abai pada yang satu ini.  Di mana-mana sampah berserakan, dari anak-anak sampai nenek-nenek memproduksi sampah setiap hari tanpa peduli dampaknya. Makanan kemasan dikonsumsi setiap saat, dan jadi petugas kebersihan merasa dihinakan. Sungai-sungai pun dibiarkan jadi tempat pembuangan sampah.  

Dan pada akhirnya, kenapa  “Menjaga Kebersihan Lingkungan” tak masuk GERMAS itu?







Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.