Langsung ke konten utama

Kali Pemali

Di setiap tempat di bumi ini pasti ada sesuatu yang menjadi pengingatnya. Entah itu bangunan, pohon atau sungai. Dan untuk sungai, di Brebes ada Sungai Pemali. Orang Brebes menyebutnya Kali Pemali, sebuah sungai besar yang melintasi Kota Brebes dan hanya beberapa puluh meter dari alun-alun kota. Bisa jadi karena sungai ini melintas di pusat kota maka akrab di ingatan warga, namun bisa saja karena sungai ini dianggap angker oleh orang-orang di sekitarnya.


menyebrang Kali Pemali dengan perahu

Sungai yang lebarnya 20 - 40 meter ini memang menyimpan banyak cerita misteri di dalamnya. Entah sejak kapan warga meyakini di Kali Pemali ini ada siluman buaya, yang pasti ketika orang membicarakan Kali Pemali maka buaya akan ikut pula disebut-sebut. Cerita-cerita aneh pun banyak beredar di kalangan warga. Konon setiap tahun sungai ini meminta tumbal, sehingga banyak orang yang berhati-hati jika melintas di jembatannya. Pemali, sangat mungkin berasal dari kata Pamali.

Dengan  panjang sekitar 125,4 meter Kali Pemali melintas dari selatan ke utara  dan bermuara di Laut Jawa, adapun hulunya ada  di Tuk Sirah, Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Mengular dari pegunungan masuk ke kota sampai akhirnya ke lautan, tapi tidak seperti Ciliwung yang setiap tahunnya merendam kawasan pemukiman yang ada di bantaran kali, Kali Pemali kini sudah jarang menyusahkan orang-orang yang hidup di sekitarnya.  Adapun banjir besar terakhir yang mengakibatkan kerusakan luar biasa terjadi di awal tahun 2017, waktu itu terjadi tanggul jebol di Desa Terlangu Kecamatan Brebes.


Kali Pemali, bersamamu Brebes pasti abadi sampai akhir jaman nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO KABUPATEN BREBES

Nglongok Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang

Ada banyak tempat rekreasi yang dekat dengan kota Brebes, salah satunya adalah Agrowisata Besaran Hijau Jatibarang . Tempat rekreasi yang lokasinya di sebelah selatan  Kota Brebes itu jaraknya sekitar 10 Km dari jalur pantura dan masih berada di dalam kota Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menempati  bekas kompleks mBesaran , yaitu rumah dinas pimpinan Pabrik Gula (PG) Jatibarang , tempat rekreasi ini menyediakan banyak wahana untuk bersenang-senang bagi warga sekitar terutama di hari libur.

AYO KE BREBES EXPO 2018, CEMEOS...

Bagi warga Brebes—khususnya yang tinggal di Brebes kota—bulan Agustus adalah bulan kemeriahan. Sudah tradisi, pada bulan ini dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia, rangkaian acara "dari warga oleh warga untuk warga" selalu diadakan. Seperti karnaval, aneka lomba dan yang pastinya ditunggu-tunggu adalah Pasar Malam di kawasan  Stadion Karangbirahi yang di sana berlangsung juga paneran pembangunan atau Brebes Expo.